hidangan istimewa kolese mikael

Sembilan Ekaristi Novena Pesta Emas SMK Mikael


Jumat, 21/12/2012, bertempat di Gedung Sarana Olahraga Mikael, seluruh warga SMK Mikael memungkasi rangkaian Novena Pesta Emas yang diadakan sejak bulan April 2012. Novena adalah tradisi doa Gereja Katolik yang biasanya dilakukan selama 9 kali karena berasal dari kata novem yang berarti sembilan. Tradisi doa dengan angka sembilan ini sudah dipraktekkan selama berabad-abad dan diyakini sebagai tradisi doa yang cukup diakui oleh umat beriman. Tradisi ini pula yang ingin dihidupi oleh warga SMK Mikael. Selama sembilan kaliyang diterjemahkan dalam pelaksanaan selama 9 bulantradisi ini dihidupkan untuk merayakan dan memperingati tahun kelimapuluh berdirinya SMK Mikael.
Kesembilan Perayaan Ekaristi Novena itu dipakai untuk bersyukur dan berharap. Bersyukur atas segala yang telah terjadi dalam perjalanan SMK Mikael sampai tahun ke limapuluh ini. Atas orang-orang, tempat-tempat, alat-alat , dan peristiwa-peristiwa yang pernah hadir selama SMK Mikael hidup. Semuanya itu turut menyumbang dan menyuntikkan energi ke dalam tubuh SMK Mikael. Berharap untuk segala hal-hal baik yang masih ingin diraih, dicapai, dan dituju oleh SMK Mikael ke depan. Di dunia ini, banyak sekolah yang didirikan oleh Serikat Yesus tumbuh menjadi besar, berkembang, dan berpengaruh secara luas dalam kehidupan masyarakat. Itu semua yang ingin dituju oleh SMK Mikael.
Dalam Ekaristi Novena itu, SMK Mikael mengambil tema-tema yang telah sehari-hari didengar, yaitu Visi SMK Mikael yang telah dikembangkan dari 3 CConscience, Competence, Compassion - menjadi 9 CConscience, Competence, Compassion, Communicative, Cooperative, Commitment, Creativity, Capability, Caring. 9 C itu terbagi dalam tiga kategori besar. 3 C yang pertama adalah nilai-nilai dasar. 3 C yang kedua merupakan nilai tambah. 3 C yang ketiga merupakan nilai pengembangan. Kesembilan nilai itu ingin diyakini dan dihidupi sebagai modal seluruh warga SMK Mikael untuk menjadi orang-orang yang punya hati kepada orang lain dan dunia sekitarnya atau yang sering disebut denganman for others.Nilai 9 C itu dipadukan dengan bacaan-bacaan dari Kitab Suci yang ada dalam Gereja Katolik sehingga ditemukan inspirasi yang dinyatakan oleh Yesus sebagai Manusia yang juga hadir untuk manusia yang lain di dunia ini.















Istimewanya lagi, dua teks liturgi terakhiruntuk bulan November dan Desemberdibuat oleh para manukers sendiri. Kalau bulan-bulan pertama, teks liturgi masih dibuat oleh guru; selama dua bulan itu, teks liturgi dibuat oleh siswa. Ternyata, Novena juga memberi pelajaran tersendiri bagi seluruh warga SMK Mikael. Semoga peristiwa ini membuka kemungkinan dan peluang untuk panggilan-panggilan baru menjadi imam dan religius dari SMK Mikael.

0 komentar: